Rundown

MENGUSUNG SEMANGAT BERJUANG,
BERTUMBUH, BERDAYA

HARI PERTAMA

Pada hari pertama 15 Desember 2018, Uda Ricky Elson akan membawakan penyampaian pada spirit inovasi. Seorang inovator muda akan menjadi pembicara pembuka guna menggugah semangat seluruh kafilah saudagar, hanya dengan inovasilah sebuah nilai tambah bisa diimplan pada sebuah produk. Manufaktur menjadi jawaban. Arah negeri manufaktur akan menjadi narasi yang tajam di awal KSN 2018.

Setelah semangat berproduksi dan berinovasi tersemai, kebutuhan berikutnya pastilah modal. Pada KSN 2018, kami menghadirkan spirit kolektivitas pendanaan arus bawah. Kami mengundang monster ekonomi Mas Mardigu Wowiek, seorang pengusaha yang hari ini menyemai semangat kolektivitas dalam pendanaan. Bagaimana UMKM punya kedigdayaan pendanaan mandiri, yang pro usaha kecil menengah.

Semangat berkarya sudah, pendanaan sudah, kita kemudian akan berlanjut dengan sudut pandang dari pengelola negeri. InsyaAllah akan hadir 2 Gubernur dari 2 propinsi besar di Indonesia. Keduanya akan menyampaikan tentang terobosan yang telah dilakukan oleh pemerintah propinsi dan bagaimana kita selaku UMKM dapat merajut kerjasama yang baik dengan pemerintah.

Setelah kita mendapatkan pemaparan pandangan dari dua gubernur negeri ini, hari pertama akan ditutup dengan penyampaian materi dari salah seorang tokoh Agro Nasional. SSN sedang mendorong bergesernya bandul perhatian UMKM ke sektor pertanian, perikanan dan perkebunan. Sebuah sektor yang menopang hajat hidup orang banyak dan melibatkan banyak orang dalam rangkaian panjang proses hulu hilir.

Di malam harinya, kami menghadirkan MALAM PEMBERDAYAAN, dimana kami memberikan penghargaan kepada para tokoh lokal nasional yang telah berperan besar dalam tokoh pemberdayaan. Kami menghadirkan Ayah Pemberdayaan Negeri Grand Master Coach Imam Elfahmi, yang telah mendedikasikann dirinya membangun gerakan pemberdayaan di negeri ini. Beliau akan membuka malam pemberdayaan dengan semangat kecintaan pada negeri ini. Disambung dengan penyerahan berbagai penghargaan kepada tokoh terpilih. .

HARI KE-DUA

Pada hari keduanya, kafilah KSN 2018 akan berdoa bersama dengan 5.000 anak yatim tahfidz dhuafa. Kami menyebutnya dengan Majelis Doa Saudagar Nusantara (MDSN). Sesi ini akan berlangsung pada hari ahad, 16 Desember 2018, pukul 08.00 sd 11.30, dipimpin oleh Guru kita Ustadz Luqmanulhakim Ashabul dari Gerakan Sedekah Akbar. Kegiatan ini khusus untuk peserta KSN dan donatur MDSN.

Pada siang harinya pukul 13.00 sd 15.00, insyaAllah kita akan belajar mengambil hilmah dan inspirasi dari perjalanan cinta Dewa Eka Prayoga dan Wiwin Supiyah, Bergerak dalam Gelap, itulah tema yang kami pilih sebagai bahan bakar inspirasi para kafilah saudagar dari seluruh negeri, yang sedang berjuang membangun kehidupan cinta dan ekonominya.

Dan di sore harinya, pada pukul 16.00 sd 17.30, bersama dengan jajaran pengurus SSN dari seluruh negeri, kami akan menutup event KSN ini dengan orasi NARASI KEBANGKITAN NEGERI. Sebuah orasi yang akan menjahit kesemua rangkaian spirit yang telah dibangun selama dua hari kedepan, untuk kemudian menjadi 7 arahan langkah yang seyogyanya dilakukan oleh para kafilah di daerahnya masing-masing.